DUBFX

Lirik dari lagu-lagu terbaru, lawas, viral, nasional, Internasional semua ada di DUBFX.

Berita

Penangkapan Selebgram Indonesia di Arab Saudi atas Dugaan Penjualan Paket Haji Ilegal

dubfx.net – Otoritas Keamanan Kerajaan Arab Saudi telah melakukan penahanan terhadap seorang selebgram asal Indonesia karena dugaan keterlibatan dalam penjualan paket haji ilegal, yang menggunakan visa ziarah sebagai modus operandinya. Informasi ini disampaikan oleh Konsul Jenderal Republik Indonesia di Jeddah, Yusron B Ambary, dalam sesi wawancara dengan tim Media Center Haji di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, pada tanggal 6 Juni 2024.

Rincian Insiden

Dalam penjelasannya, Yusron B Ambary mengatakan, “Informasi awal yang kami terima adalah bahwa selebgram tersebut telah ditangkap, namun detail lebih lanjut masih dalam proses penyelidikan.” Selebgram tersebut diduga menjual visa haji tanpa tasreh dan visa ziarah. Pihak konsulat saat ini sedang berupaya menentukan lokasi para jemaah yang terkait, mengingat mereka saat ini tidak memiliki pendampingan di Makkah.

Langkah-langkah yang Diambil oleh Pemerintah Arab Saudi

Lebih lanjut, Yusron menyampaikan bahwa Pemerintah Arab Saudi telah meningkatkan pengawasan terhadap praktik penjualan visa haji ilegal melalui media sosial. “Otoritas keamanan Saudi saat ini sedang mengambil tindakan tegas terhadap individu atau entitas yang terlibat dalam penjualan visa haji tanpa prosedur yang sesuai,” tambahnya.

“Pemerintah Kerajaan sangat serius dalam menangani pelaksanaan haji nonprosedural atau penggunaan visa non-haji,” tegas Yusron. Beliau juga menyebutkan bahwa pemerintah telah mendokumentasikan akun-akun yang terlibat dalam aktivitas ini, termasuk yang berlokasi di Indonesia.

Penanganan Korban

Mengenai tindakan konsulat, Yusron menegaskan bahwa wewenang mereka terbatas pada penanganan korban. “Kami akan fokus pada identifikasi dan penanganan korban setelah musim haji selesai. Baru-baru ini kami terfokus pada upaya pemulangan korban ke Tanah Air,” jelasnya.

Insiden ini menyoroti pentingnya pematuhan terhadap regulasi haji dan pentingnya proteksi terhadap jemaah dari praktik penipuan terkait haji. Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi berkomitmen untuk terus meningkatkan kerjasama dalam upaya memastikan keamanan dan kesejahteraan para jemaah selama musim haji.